Tips Menabung Untuk Mahasiswa

Kebanyakan dari mahasiswa ingin sekali bisa menabung, terutama anak kos. Meskipun terlihat sepele, akan tetapi menabung merupakan salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk masadepan kalian yang lebih baik.

Kemungkinan bagi anak kos menabung itu agak sulit, karena anak kos memiliki lebih banyak kebutuhan yang harus di penuhi baik untuk segi makanan maupun kebutuhan perkuliahan. Sampai sering kali mahasiswa rela untuk hutang kesana kesini hanya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tips Menabung Untuk Mahasiswa

Disini kami menyimpulkan jika ada banyak mahasiswa yang masih kesulitan dalam mengatur keuangan, karena hidup di rantauan tak semulus yang kita bayangkan, maka dari itu kami akan memberikan kalian bagaimana tips agar kita bisa menabung bagi mahasiswa, simak trus artikel kami.

1. Tentukan Tujuan atau Target

Perlu di ingat ketika kalian menabung cobalah membuat tujuan yang jelas, untuk apa sih uang yang kalian kumpulkan ini, entah kalian gunakan untuk membayar semester atau untuk dana cadangan, atau membuat bisnis, untuk traveling dan lainya. Dengan adanya tujuan yang kalian tetapkan tentunya kalian akan lebih semangat untuk menabung dan kalian akan bisa secepatnya memenuhi apa target yang kalian tuju untuk uang tabungan kalian, kalo bisa tulis tujuan kalian dan tempelakan di tempat tabungan kalian, jika di celengan loh. hehehe

2. Membuat Anggaran

Cara yang kedua untuk menabung yaitu dengan membuat anggran yang kalian dapatkan, entah itu dari kiriman orang tua atau dari hasil kalian sendiri.

Dengan anggran yang sudah kalian tetapkan tentunya kalian bisa mengkalkulasi berapa biaya yang kalian butuhkan selama sebulan atau seminggu, bagaimana uang makan atau bayar kos, buat makan beli perlengkapan mandi dan keperluan lainya.

Nah jika kalian sudah mengkalkulasi anggaran maka kalian akan tahu berapa banyak uang yang tersisa dan mungkin uang yang tersisa tersebut bisa kalian tabung untuk target atau tujuan kalian.

3. Hidari Membeli Sesuatu yang Tidak Penting

Nah yang ketiga ini sering kali di lakukan, yaitu membeli sesuatu yang tidak penting.

Kebanyakan kalian seringkali mengeluarkan banyak uang untuk nongkrong, nonton bioskop, ke mall atau dan lainya, sebenrnya sih itu semua nggk masalah, yang menjadi masalah yaitu jika di lakukan berkali kali, nah ini yang bisa menyebabkan kalian boros dan kesulitan untuk menabung.

Sebaiknya kita lebih memanfaatkan waktu kita untuk kegiatan yang lebih berfaedah atau yang bisa memberikan kita manfaat yang baik, dan kita bisa menghemat uang sekaligus bisa menabung untuk tujuan kita.

4. Membuka Rekening Tabungan

Cara selanjutnya kalian bisa mencoba dengan membuka rekening tabungan, beberapa bank menyediakan progam untuk tabungan yang tidak ada biaya admin perbulan atau yang lainya, akan tetapi memiliki fitur sendiri.

Kalian bisa mencoba dengan menabung yang hanya bisa di ambil delam waktu tertentu, dengan itu kalian bisa menabung dan bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk menabung.

Kalau bisa kalian memiliki tabungan khusus yang hanya di gunakan untuk menabung, dengan ini kalian tidak akan terhindar dari godaan menggunakan uang untuk belanja atau yang kegunanan yang lainya.

5. Mencari Penghasilan Sendiri

Untuk mempertcepat target yang kalian inginkan maka kalian juga perlu menambah pemasukan uang, akan tetapi kalian juga jangan sampai mengganggu waktu kalian sebagai mahasiswa, cobalah kalian membuat bisnis sendiri, jualan online, freelancer atau menjadi blogger, youtuber atau kalian juga bisa kerja separuh waktu.

Banyak sekali bisnis sampingan bisa kalian coba, dengan ini kalian bisa menambah penghasilan kalian sendiri dan lebih mandiri, tentunya juga akan bisa menambah pengalaman bagi diri kalian masing masing dan mengasah keterampilan dalam hal finansial.

Cukup sekin semoga bisa bermafaat bagi mahasiswa dan mahasiswi, cobalah untuk menabung untuk masa depan kalian. Salam Blog Mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: