Tips mahasiswa baru yang harus di ketahui

Hei kalian mahasiswa baru, yang baru lulus SMA/SMK selamat datang di dunia perkuliahan yaa. Kalian harus tahu ya mahasiswa baru, jika kalian sudah menjadi mahasiswa berarti level kalian sudah mulai tinggi. Artinya ketika kalian sudah menjadi mahasiswa itu kalian dituntut untuk lebih dewasa, mahasiswa juga di tuntut untuk lebih mandiri dan lebih banyak belajar serta pandai memotivasi diri sendiri.

Tips mahasiswa baru yang harus di ketahui

Jika nanti kalian bisa menjalani kehidupan di kampus dengan baik niscaya ilmu kalian nanti bisa sangat berguna dan bermanfaat untuk kehidupan kalian selanjutnya. Untuk itu mari simak bagaimana sih tips untuk mahasisiswa baru yang harus di ketahui.

1. Memanfaatkan ospek bukan hanya pengenalan tetapi juga mencari teman

Ospek, pasti kalian berfikiran jika ospek itu kegiatan yang banyak di omel omelin kakak tingkat atau banyak kerjaan, tetapi kalian jangan salah loh, karena sebenarnya ospek itu kegiatan yang memperkanalkan kalian terhadap kampus dan dunia perkuliahan kalian.

Maka dari itu gunakan waktu kalian untuk mencari teman sebanyak banyaknya. Dan temukan juga teman yang cocok dengan diri kalian yang bisa di ajak belajar bersama, berfikir positif serta mau berdiskusi tentang pelajaran kalian.

2. Jika kalian anak rantauan maka sebaiknya kalian kenali dulu kotanya

Kenapa sih harus kenal kotanya dulu? Nah buat kalian yang belum pernah merantau harus tahu. Jika di tempat rantauan itu pasti berbeda dengan kota kelahiran kalian antah itu dari bahasa, budaya ,maupun keadaan. Sebelum kalian merantau maka langkah baiknya jika kalian sudah punya bekal pengetahuan umum, selain itu kalian juga harus tahu berapa harga makanan baik minuman di tempat rantauan kota tujuan anda, agar ketika kalian sudah di tempat rantauan tersebut kalian nggk kaget jika harga makanan lebih mahal dengan kampung kalian.

Baca juga  Cara memverifikasi website di Norton Safe Web

Dan yang terpenting kalian harus pintar pintar bergaul di lingkungan baru kalian.

3. Pintarlah dalam mengatur waktu

Sebagai maba kalian tahu sendiri jika masa perkuliahan itu sangat berbeda dengan ketika kalian SMA dulu, di perkuliahan kamu berhadapan dengan banyak kegiatan yang baru selain itu juga nanti kamu akan berhadapan dengan banyak tugas tugas yang harus kalian kerjakan. Yang dulunya kalian sering nongkring bermain sama teman teman mungkin ketika kalian sudah kuliah tentunya akan berkurang pula. Dan kalian bisa juga menggunakan waktu nongkrong kalian dengan mengerjakan tugas perkuliahan.

Mulai dari sekarang kalian harus pintar dalam mengatur waktu, kapan kalian harus kuliah, kapan kalian harus belajar, kapan kalian harus mengikuti kegiatan di kampus, dan kapan kalian harus bermain. Semua ini kalian lakukan agar tetap dapat menyeimbangkan antara kesibukan dan refreshing. kalian bisa memanfaatkan aplikasi pengaturan waktu di smartphone supaya hidup kalian lebih tertata.

4. Ikuti beberapa organisasi di kampus

Didalam perkuliahan kamu punya kesempatan lebih besarr untuk mengeksplorkan minat dan bakat kalian. Dulu kalian mengikuti extrakulikuler tentunya di perkuliahan kalian bisa mengikuti organisasi(UKM) dengan bakat kalian, dengan ini kalian akan bisa mendapatkan pengalaman, wawasan dan teman yang baru, teman dari berbagai jurusan yang mencakup berbagai jurusan dari 1 universitas.

Selain ikut UKM, kalian juga bisa ikut organisasi-organisasi di dalam maupun luar kampus. Dengan bergabung dalam organisasi, kalian dapat mengasah jiwa kepemimpinanmu dan belajar untuk mengorganisir kegiatan kampus. Banyak juga lowongan kepanitiaan event di luar kampus yang bisa kalian ikuti, seperti panitia acara musik atau festival film. Nggak ada salahnya untuk bergabung karena kalian akan dapat pengalaman yang luar biasa.

Baca juga  Tips Mendapatkan Nilai IPK 4.0 - Mendapatkan IPK Tinggi

5. Hidup Mandiri dan Rajin Menabung

Sebagai seorang mahasiswa kalian sudah di anggap dewasa oleh orang tua, maka dari itu sebisa mungkin kalian hidup dengan mandiri, karena belum tentu kalian sudah bisa mendapatkan penhasilan sendiri. Jika di kasih uang setiap bulan maka usahakan bisa untuk mencukupi untuk biaya hidup selama sebulan, syukur syukur bisa menabung dan tidak minta uang tambahan.

Untuk menghindari minta uang tambahan, kalian harus cermat dalam menggunakan uang bulanan. Perhitungkan berapa kali kalian makan dalam sehari, harus beli kebutuhan apa aja untuk di kost, berapa budget untuk transportasi, dan lebih baik lagi kalau kamu bisa menabung.

6. Miliki Semangat Kuliah

Ini adalah hal yang paling penting yang harus kalian terapkan. Karena dengan rasa penuh semangat akan membuat kalian untuk selalu mengikuti perkuliahan, selalu menaati peraturan dan mengerjakan tugas dengan tepat waktu. Ini juga upaya kalian agar kalian bisa lulus perkuliahan dengan cepat dan tidak telat, jika kalian melakukanya maka kalian tidak ada alasan untuk tidak masuk kuliah dan mengerjakan tugas.

Nah dengan melaukan beberapa tipas di atas mudah mudahan kalian bisa selalu semangat kuliah dan bisa lulus tepat pada waktunya.

Salam blogmahasiswa.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: