Baru Lulus SMA? Simak Tips Cara Menjadi Mahasiswa Teladan!

Banyak yang mengira bahwa pengalaman menjalani setiap tingkat pendidikan akan selalu sama; belajar, berteman, ujian, dan sebagainya. Betulkah? Yang pasti tergantung dari bagaimana kamu menjalaninya. Nah, perkuliahan bisa dianggap sebagai tingkat pendidikan paling akhir sebelum masuk ke dunia kerja. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara kamu mau menghabiskan masa pendidikan terakhirmu?

Memang betul, sistem seluruh tingkat pendidikan pastinya melibatkan guru/dosen, ujian-ujian yang sulit, teman-teman yang baru, dan sebagainya. Hal yang paling membedakan masa SMA dan perkuliahan adalah kebebasan yang kamu miliki.

Mahasiswa pada umumnya memiliki sesi pendidikan yang lebih sedikit dibandingkan siswa sekolah yang harus masuk dari pagi hingga sore hari. Sebagai seorang mahasiswa, kamu lebih bebas mengatur apa yang ingin kamu lakukan dan kapan waktunya karena kamu memiliki jam kosong yang lebih banyak.

Selain kebebasan, masih ada juga yang membedakan, yaitu luasnya jangkauan teman-teman yang akan kamu temui di perkuliahan. Tidak seperti sekolah yang membatasi lingkup pertemanan karena perbedaan daerah, di perkuliahan, kamu akan menjumpai banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri.

Kini kita sudah membahas perbedaan yang ada. Lantas, apa yang perlu kita lakukan? Manfaatkan hal-hal tersebut! Berikut adalah tips-tips yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan perkuliahan yang akan kamu jalani, baik perkuliahan offline dan online:

Pertama, milikilah time management yang baik. Waktu luang yang banyak harus dimanfaatkan dengan baik Hal-hal yang bisa kita lakukan, contohnya: membuka bisnis, mengerjakan tugas lebih awal, belajar materi kuliah, mengikuti organisasi, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kamu bisa menjadi pribadi yang semakin berkembang dengan kebiasaan disiplin yang baik dan berbagai pengalaman yang baru.

Baca juga  Cara memverifikasi website di Norton Safe Web

Kedua, jadilah mahasiswa aktif. Selain menggunakan waktu luang untuk menjadi produktif, menjadi mahasiswa aktif juga berarti aktif di kelas. Saat ada hal yang tidak dipahami, kamu bisa langsung bertanya pada dosen atau teman-temanmu.

Jangan takut atau malu untuk bertanya, karena memang tujuan berkuliah adalah untuk mendapatkan ilmu dan mengerti tentang berbagai hal. Keaktifan di kelas juga harus diberlakukan untuk kerja kelompok. Tidak dapat dipungkiri, saat menjadi mahasiswa nanti, kamu juga masih akan menjalani berbagai macam tugas kelompok. Berkontribusilah dengan baik dan saling membantu satu sama lain.

Ketiga, bertemanlah dengan semua orang. Dalam masa kuliah, kamu akan memiliki kesempatan untuk berjumpa dengan banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Tentunya kamu pasti akan berteman dengan orang-orang yang membuatmu nyaman dan senang. Tidak masalah untuk memiliki teman dekat, tetapi jangan sampai kamu membatasi pertemananmu.

Banyak teman tidak hanya akan membuat kita senang, tetapi juga akan membantu kita dalam menghadapi masa perkuliahan dan masa setelah lulus nanti. Kenapa? Karena kita tidak akan tahu siapa saja yang bisa membantu kita di masa sulit, baik itu dalam hal perkuliahan dan hal lainnya.

Demikian tiga tips yang bisa membantu kamu menghadapi perkuliahan. Ingat saja bahwa perkuliahan membuka banyak pintu bagi kita untuk menentukan masa depan yang akan kita pilih. Jadi, kita harus bijaksana dalam melakukan segala kegiatan sebagai seorang mahasiswa.

Akan tetapi, jangan sampai kita merasa tertekan hanya karena ingin menjadi mahasiswa teladan dengan reputasi dan IPK cemerlang. Jadi, selagi menerapkan tips-tips tersebut, selalu ingat untuk tetap meluangkan waktu untuk bersenang-senang dan menikmati masa kuliah.

Selamat mencoba tips-tipsnya!

Baca juga  Tips Menabung Untuk Mahasiswa

Semangat!

Oleh: Sharon.I

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: