Tips Agar Fokus Kuliah Online – Agar Bisa Fokus

Pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan untuk kita semua bekerja serta belajar jarak jauh dari rumah masing-masing. Keputusan tersebut diikuti oleh banyaknya kegiatan yang dialokasikan ke platform online salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar.

Tips Fokus Kuliah Online

Sudah 2 bulan dan semua universitas masih menerapkan kelas-kelas online. Banyak pro dan kontra terhadap pelaksanaan kelas online, namun yang bisa kita lakukan adalah untuk menjalaninya sebaik mungkin dan memanfaatkan perkuliahan kita. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap fokus pada kuliah online kamu.

Carilah ruangan yang memadai

Ruangan yang memadai mencakup penerangan yang baik dan suhu yang tidak panas ataupun terlalu dingin. Pastikan juga di ruangan tersebut tidak banyak barang-barang yang dapat menyita perhatianmu selama kelas online. Sesuaikan juga ruangan dengan kemampuan belajarmu. Memilih ruangan yang tenang juga bisa meningkatkan fokusmu pada kelas online. Misalnya, raung belajar dengan pencahayaan yang memadai, tidak banyak pengalih perhatian dan tenang.

Siapkan Buku catatan, alat tulis dan media yang dibutuhkan

Pastikan kamu masuk ke kelas online dengan siap. Siapkan media-media seperti catatan dan alat tulis untuk kelas onlinemu. Dorong dirimu untuk memperhatikan kelas dan mencatat. Metode mencatat setiap orang berbeda-beda, sehingga sesuaikan dengan metodemu sendiri. Kamu bisa mencatat di perangkat elektronikmu atau buku tulis.

Pastikan baterai alat elektronik untuk media kelas online kamu penuh dan koneksi internetmu kencang

Kelas online sangat tergantung dengan alat elektronik dan kecepatan jaringan. Pastikan hal tersebut tidak akan menghambat atau memberhentikan pembelajaranmu selama kelas online berlangsung. Pastikan juga tidak ada yang akan mamatikan jaringanmu di tengah kelas online.

Siapkan air minum dan makanan ringan

Beberapa kelas memperbolehkan mahasiswa untuk makan makanan ringan selama kelas. Pastikan kamu menyiapkan air minum dan makanan ringan untuk membantumu tidak tertidur di kelas dan menghindari dehidrasi. Tapi tetap fokus pada kelasnya ya.

Baca juga  Cara dan Tips Melawan Rasa Malas - Menghilangkan Rasa Malas

Jangan lupa mandi dan cuci muka

Mandi atau cuci muka juga dapat membantu kamu untuk tetap fokus pada kelasmu loh. Kegiatan tersebut dapat menyegarkan kamu yang baru aja bangun tidur untuk kelas. Fokusmu bisa lebih mudah kamu pusatkan pada mendengarkan pembelajaran daripada Kembali tidur.

Selalu mereview materi

Kelas online memang berbeda dari pembelajaran di kampus seperti biasa. Adakalanya pembelajaran secara online menjadi lebih sulit untuk dicerna. Membuat jadwal untuk me-review materi pembelajaran di kelas menjadi salah satu solusi untuk dapat memaksimalkan pemahamanmu terhadap materi-materi yang telah diajarkan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan fokusmu pada pembelajaran di masa physical distancing ini. Jangan patah semangat dan tetap #DiRumahAja. Semoga Bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: