Cara Hidup Hemat Anak Perantauan – Hidup Hemat Mahasiswa

Tips Hemat Mahasiswa Perantauan – Bagi para mahasiswa yang tengah menuntut ilmu di bangku perkuliahan, bertahan hidup di perantauan bukanlah sebuah hal yang mudah. Apalagi bagi kamu yang sama sekali tidak memiliki supply uang dari orangtua, tentu akan menjadi salah satu tantangan terberat. Dan bagi kamu semua para mahasiswa yang sedang berada di perantauan, yuk simak dulu beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghemat biaya hidup selama di perantauan.

Carilah Tempat Tinggal yang Jaraknya Tidak Terlalu Jauh dari Kampus

Kebanyakan para mahasiswa yang pergi merantau untuk kuliah, pastinya mereka akan mencari tempat tinggal untuk bisa bertahan hidup selama berada di bangku perkuliahan. Tempat tinggal tersebut bisa seperti rumah sewa, kost-kostan, dan yang lain sebagainya.

Mengapa harus mencari tempat tinggal yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kampus? Hal ini dilakukan agar ketika pergi ke kampus kamu tidak perlu lagi naik kendaraan umum. Alhasil kamu hanya tinggal berjalan kaki saja untuk pergi ke kampus. Dengan begitu uang kamu tidak akan habis untuk sekedar naik kendaraan umum untuk bisa pergi ke kampus.

Catatlah Seluruh Kebutuhan dan Juga Pengeluaran Setiap Bulannya

Namanya mahasiswa harus pandai dalam hitung-hitungan. Jadi, kamu harus bisa dengan semaksimal mungkin untuk mencatat seluruh kebutuhan dan juga pengeluaran setiap bulannya. Ingat, kamu harus mengeluarkan uang untuk sesuatu yang dibutuhkan saja dan jangan pernah mengeluarkan uang untuk sebuah keinginan yang mungkin tidak ada gunanya sama sekali.

Misalnya saja keinginan untuk makan di restoran setiap hari. Tentu hal tersebut akan membuat pengeluaranmu setiap bulannya semakin besar dan uangmu akan habis dengan sangat cepat. Keluarkanlah uang hanya sekedar untuk kebutuhan yang dibutuhkan selama kamu kuliah. Dengan begitu keuanganmu akan senantiasa terjaga dan teratur.

Baca juga  Mahasiswa harus tau!! Manfaat mengikuti organisasi kampus

Carilah Pemasukan Tambahan

Bagi kamu semua yang hanya diberi uang pas-pasan oleh orangtua atau bahkan sama sekali tidak diberi, usahakanlah untuk mencari pemasukan tambahan. Bisa dengan bekerja paruh waktu atau membuka sebuah jasa yang sesuai dengan keahlian kamu. Tapi usahakan juga saat kamu mencari pemasukan tambahan tidak mengganggu aktifitas kuliahmu. Dengan begitu kamu akan dapat memiliki uang lebih yang bisa kamu gunakan untuk tambahan selama kuliah di perantauan.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk berhemat bagi kamu yang saat ini sedang kuliah di perantauan. Semoga Bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: