6 Tips cara belajar efektif dan tetap menyenangkan selama pandemi

By Gabriela Augrie                                                   

Halo, teman – teman! Gimana kabarnya kalian? Semoga semuanya sehat dan jangan lupa tetap mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah yaps. Sudah berapa lama nih kita online class mungkin sudah 5 bulanan ya? Udah mulai bosan belum nih apa udah terbiasa? Quaratine days, SFH, atau yang lebih dikenal anak muda dengan istilah #dirumahaja menuntut kita untuk bisa berfikir kreatif dan produktif untuk bisa mengatasi rasa bosan selama masa pandemi ini. Tapi ini semua demi kebaikan kita teman-teman, kalaupun kita mau refreshing ke mall masih takut kan, nongki-nongki di cafe pasti merasa ga nyaman, mau nonton bioskop eh masih pada tutup.

Tips cara belajar efektif dan tetap menyenangkan selama pandemi

Pandemi ini membuat pemerintah harus melakukan berbagai kebijakan untuk meminimalisir penyebaran virus, salah satunya dengan menutup tempat umum termasuk sekolah dan universitas. Setiap institusi pun dituntut untuk memberikan inovasi terbaru untuk membentuk proses pembelajaran yang lebih efektif. Semuanya menjadi berubah dulu proses pembelajaran offline / tatap muka sekarang semuanya secara online. Walaupun belajar dirumah membuat kita mempunyai banyak waktu luang namun ada saja kendala yang dihadapi. Nah yuk kita simak bareng-bareng, 6 tips belajar efektif tapi tetap menyenangkan.

Diskusi / belajar bersama teman via platform online

Setelah selesai online class kita bisa memanfaatkan waktu luang untuk diskusi dan belajar bersama teman via platform video conference gratis seperti zoom, google meet, webex, skype dll. Kalau kamu belum paham tentang pelajaran yang diajarkan kalian bisa tanya ke teman kalian yang lebih mengerti begitu juga sebaliknya kalau kalian paham dengan suatu materi bisa dishare ke teman-teman yang lain. Daripada cuma chat-chatan kan lebih enak kalo bisa tatap muka langsung walaupun jarak jauh pasti semua pelajaran langsung nangkep deh hehe.

Baca juga  Mahasiswa harus tau!! Manfaat mengikuti organisasi kampus

Management waktu yang baik

Waktu luang yang banyak membuat kita bingung untuk membagi waktu kapan waktunya belajar dan kapan waktunya melakukan hal lainnya. Membuat jadwal keseharian adalah yang paling efektif untuk saat ini. Kita bisa mengatur kapan waktunya belajar dan istirahat sesuai kebutuhan. Semua kegiatan dapat dilakukan dengan pas dan seimbang saat kita mempunyai management waktu yang baik.

Beri self rewards pada diri sendiri setelah selesai ujian

Nah, banyak orang yang kurang menyadari pentingnya menyenangkan diri sendiri juga bukan hanya terfokus pada belajar dan belajar. Diri kita sudah cukup lelah menatap online class dan mengerjakan tugas yang sangat banyak. Coba mulai beri diri kita self rewards untuk menghargai usaha dan kerja keras belajarmu saat ini. Gaperlu yang mahal-mahal kok yang penting bisa membuat kita senang.

Jangan memaksa diri, pakai metode one hours stop

Hayooo! Siapa nih yang suka belajar sampai lupa waktu? Bahkan sampai waktu makan jadi terlewat? Jangan memaksakan diri kita untuk belajar terus menerus, belajar tuh cukup seperlunya tapi kembali lagi sesuai kebutuhan ya guys. Nih bisa dicoba namanya metode one hours stop, setiap 1 jam belajar kalian harus stop sejenak / istirahat 15 menit. Bisa dilakukan setiap harinya nih, metode ini bukan hanya bisa mengatasi rasa lelah tetapi juga bisa merefresh otak supaya bisa menangkap materi selanjutnya dengan baik. Jeda waktu istirahat juga membantu memori untuk menyimpan dan mengingat apa yang telah dipelajari tadi.

Untuk menghilangkan bosan selama belajar, cari hobby yang seru

Coba deh pikirkan kegiatan dan hobi seru yang bisa kita lakukan dirumah, misalnya memasak, melukis, menulis cerpen, fotografi, membuat content youtube atau apapun yang bisa membuat kamu senang. Jadi di waktu luang kalian, kalian bisa menekuni apa yang menjadi hobi kalian daripada tidur dan bengong doang kan hehe. Dijamin bosan selama belajar bisa ikut hilang juga tuh.

Baca juga  Tips dan Trik Menjadi Penulis Artikel Lepas

Ikuti online course gratis via youtube atau platform lainnya

Belajar bukan hanya terfokus pada buku atau materi yang diajarkan guru, banyak cara yang bisa dilakukan untuk belajar. Lagi ramai di media sosial dan berbagai platform aplikasi online yang menwarkan online course gratis yang dapat kita ikuti kapan saja dan dimana saja. Banyak sekali materi dan skill menarik yang bisa kita dapatkan dari online course tersebut, beberapa platform juga menawarkan sertifikat jika kita bisa menyelesaikan semua materi dan test yang mereka berikan. Sertifikat tersebut juga dapat kita gunakan untuk di CV kita nanti loh. Ada juga beberapa kampus / organisasi yang membuka event seminar online atau yang lebih dikenal webinar, kita bisa mendaftar dan ikut serta dalam event tersebut. Kegiatan ini asyik tapi bisa menambah wawasan dan pastinya menambah skill kalian. Jangan hanya dengerin musik atau nonton film aja ya teman teman, Ayo mulai dicari online course apa yang kalian minati.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: