5 Tips Lolos Seleksi Kepanitiaan di Event atau kegiatan Kampus

Tips Lolos Seleksi Kepanitiaan –Bagi banyak mahasiswa yang ingin menambah pengalaman di bidang organisasi tentunya kepanitiaan merupakan serangkaian hal yang wajib untuk diikuti. Tapi sebelum itu,

lolos dalam seleksi kepanitiaan tentu bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan orang. Banyak hal yang perlu disiapkan bagi para pejuang event kampus! Yuk simak dulu hal –hal berikut :

CV Yang Menarik

Perlu pejuang event ketahui bahwa CV merupakan hal dasar yang dilihat oleh mereka yang menilaimu nanti. Curriculum Vitae atau yang biasa lebih dikenal dengan CV merupakan dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya. CV yang menarik tentunya mempunyai beberapa ketentuan yaitu :

  1. Judul ( Daftar Riwayat Hidup )
  2. Data diri
  3. Riwayat pendidikan
  4. Kemampuan yang dimiliki
  5. Pengalaman organisasi
  6. Kelebihan dan kekuranganmu

Para pejuang event juga dapat memberikan desain yang menarik dengan membuat cv tersebut di platform desain online salah satunya seperti Canva.

Gunakan Pakaian Yang Rapi Saat Interview

Nah kalau yang ini tentunya para pejuang event sudah tau ya.. Wajib banget menggunakan pakaian yang rapi dan sopan saat interview kalian. Jangan sampai mengunakan kaos sobek atau sandal jepit apalagi dengan rambut acak –acakan seperti baru bangun tidur, nggak banget deh ya ! Jika kalian ingin lolos interview, kalian wajib banget untuk menggunakan pakaian terbaik yang kalian punya tentunya dengan rapi dan menarik agar para penilai tertarik untuk meloloskan kamu.

Budaya 5S Jangan Sampai Ketinggalan

Apasih budaya 5S itu?? Budaya 5S adalah budaya yang wajib banget dimiliki oleh orang –orang sukses. Budaya 5S atau budaya senyum, sapa, salam, sopan dan santun merupakan suatu anjuran yang dilakukan seseorang ketika sedang berkomunikasi atau bersosialisasi dengan orang lain. Nah, pejuang event harus banget nih menerapkan ini untuk menunjang kesuksesan pejuang event saat interview kepanitiaan di kampus.

Baca juga  6 Tips cara belajar efektif dan tetap menyenangkan selama pandemi

Gunakan Critical Thinking Dalam Menyelesaikan Suatu Permasalahan

Saat tahap interview, tentunya penilai akan menanyakan beberapa hal dan juga memberikan permasalahan untuk pejuang event. Dalam menjawab permasalahan tersebut, kalian harus banget menjawab dengan metode critical thinking.

Critical Thinking atau Berpikir Kritis merupakan keterampilan yang memungkinkan seseorang tersebut membuat keputusan yang logis, berdasarkan informasi yang didapat, dan diolah sesuai kemampuan.

Jangan sampai saat interviewnanti kalian menjawab permasalahan dengan jawaban nyeleneh atau jawaban yang tidak di pikir terlebih dahulu. Bisa berakibat fatal untuk kalian!

Jujur Saat Interview

Nah! Buat para pejuang event, ini dia tips yang terakhir untuk lolos seleksi kepanitiaan di event kampusmu!

JUJUR! Jujur merupakan hal yang sudah umum kita dengar namun beberapa pejuang event tentunya masih belum banyak yang menerapkan metode ini. Padahal kejujuran itu penting banget buat kalian yang ingin sukses entah dalam kepanitiaan, organisasi, dan lain sebagainya.Kejujuran juga merupakan salah satu poin penting dalam menunjang kesuksesan kita.

Saat pejuang event ditanya oleh penilai nanti kalian harus menjawab dengan jujur dan apa adanya. Jika pejuang event memang belum pernah mengikuti kepanitiaan atau organisasi sebelumnya, jawablah dengan jujur. Jangan sampai kalian berbohong kepada mereka dan mengatakan yang tidak benar. Penilai akan sangat tertarik pada para pejuang event yang jujur meskipun tidak memiliki pengalaman sama sekali.

Nah, itulah beberapa tips untuk pejuang event yang ingin lolos seleksi kepanitiaan di event kampus. Jangan lupa selalu terapkan 5 tips tadi untuk menunjang kesuksesanmu saat interview ! Semoga bermanfaat buat para pejuang event.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: