5 Bahasa Pemrograman Terbaik Untuk Pemula

Zaman sekarang, memperlajari bahasa pemograman adalah hal wajib bagi mahasiswa atau siswa yang mengambil ilmu komputer. Tentunya mempelajari bahasa pemograman bukanlah hal yang mudah bagi pemula, karena umumnya bagi seorang pemula bingung mau belajar bahasa pemograman yang mana, mana yang cocok bagi pemula, atau mana yang mudah di fahami bagi seorang pemula.

Tentunya setiap bahasa pemograman mempunyai kegunaan sendiri sendiri, maka dari itu kalian terlebih dahulu harus mengetahui minat diri kalian masing masing, dan nantinya kalian bisa memilih bahasa apa yang cocok buat kalian yang masih pemula.

Pada artikel ini penulis blogmahasiswa akan memberikan beberapa rangkuman mengenai bahasa pemograman yang terbaik untuk pemula, simak selengkapnya.

1. Python

Python merupakan salah satu bahasa pemograman yang paling populer dan mudah digunakan untuk pemula, selain desktop python juga bisa digunakan untuk aplikasi web, Python juga mendukung procedural, OOP, dan functional programming.

Python memiliki sintak sintak yang sederhana, mudah difahami, dan mudah di aplikasikan dalam mengembangakan sebuah produk, baik aplikasi web, software maupun video game.

Bahasa pemograman ini bisa kalian jalankan di hampir semua sistem operasi, mulai dari windows, Unix, Mac OS, dll. Python juga dapat di intergrasikan di kode C/C++ dan juga pengembang .NET Framework.

2. java

Java adalah bahasa pemograman yang populer saat ini sekaligus yang paling umum digunakan, kalian bisa menggunakan di Komputer, Smartphone hingga perangkat mobile. Sejak 1991 hingga sekarang bahasa pemograman ini banyak sekali peminatnya dan merupakan salah satu bahasa pemograman yang paling populer didunia.

Java sebagai bahasa yang memiliki kelebihan yaitu memiliki library yang lengkap yang akan mempermudah programer untuk mengoprasikannya, selain itu lebih dimengerti dan bisa digunakan di berbagai platform.

Kalian bisa mencari tutorial tentang pemograman java yang sangat banyak di bagikan di internet.

3. JavaScript

Meskipun javascript dengan java keliahatan sama namanya, akan tetapi mereka merupakan dua bahasa yang berbeda baik jenis maupun kegunaan.

Javascript membuat tampilan suatu halaman website lebih menarik dan interaktif, jika ingin membuat model seperti pop up atau animasi bergerak bisa menggunakan script javascript, untuk implementasi nya pun mudah, biasanya diletakkan dibagian bawah body pada file html kalian.

Penggunaan javascript sekarang ini sangat luas, banyak dari developer-developer menguasai bahasa javascript khusus nya bagian front end ataupun webdesign.

4. Ruby

Bahasa ruby merupakan bahasa yang alamiah yang sangat mudah dimengerti dan dipahami, karena memang ruby didesain dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipelajari, bahasa ini lebih difokuskan pada pemograman web.

Beberapa aplikasi yang di develop menggunakan ruby, antara lain Twitter, Shopify, Airbnb, Bloomberg, dan banyak startup lainnya.

5. C#

Bagi kalian yang tertarik untuk membuat game, C# sangatlah cocok buat game 3D seperti Unity, bahasa pemograman ini mirip dengan bahasa C sehingga kalian bisa lebih mudah untuk memperlajarinya, selain itu banyak juga peminatnya untuk pemograman ini yang banyak dibutuhkan pekerjaan di perusahaan.

C# juga didukung oleh .NET sehingga bahasa ini bisa menjadi pilihan terbaik kalian jika kalian mengembangkan aplikasi windows desktop.

Itulah bahasa pemograman terbaik untuk pemula versi blogmahasaiswa, kalian bisa mempelajari baik lewat dunia pendidikan kalian ataupun tutorial di internet, karena sekarang banyak sekali perusahaan perusahaan yang membutuhkan ahli di bidang pemograman.

Salam mahasiswa.

One thought on “5 Bahasa Pemrograman Terbaik Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: