4 Situs untuk Belajar Coding Gratis dan Bersertifikat

Seiring dengan berkembangnya teknologi di era digital, bahasa pemograman sangat di butuhkan oleh pelajar atau mahasiswa bahkan banyak masyarakat yang berminat di bidang developer.

Belajar coding dari tahun ke tahun semakin meningkat, karna banyak yang mengatakan jika coding bisa menjadi aset yang berharga. Dengan kemampuan coding kalian bisa memiliki banyak peluang pekerjaan, selain bekerja di perusahaan kalian juga bisa mengembangkan aplikasi sendiri, bekerja freelancer dengan orang lain atau bisa juga membuat website/blog.

Belajar coding tidak harus di perkuliahan, tetapi kalian juga bisa belajar di beberapa website gratis yang menyediakan pembelajaran untuk beberapa bahasa pemograman selain itu kalian juga bisa mendapatkan sertifikat dari situs web tersebut.

Untuk itu mari kita simak situs situs tersebut:

1. W3Schools

W3School adalah salah satu situs yang pembelajaranya sebagian besar mencakup pemograman web antara lain HTML, CSS, JavaScript, PHP, SQL, Python, jQuery, Java, W3.CSS, and Bootstrap. Di situs ini kalian bisa mempelajari dari tingkat dasar hingga tingkat profesional, situs ini juga memberikan penjelasan yang sederhana sehingga kalian bisa dengan mudah untuk memprektekanya dan secara langsung di jendela latihan.

Situs ini memberikan kalian tutorial serta latihan secara gratis , tapi jika kalian ingin mendapatkan sertifikat makan kalian harus membayar, dengan itu kalian bisa ujian secara online dan mendaptakan sertifikat.

2. Udemy

Udemy merupakan salah satu platform media pembelajaran yang menyediakan pembelajaran berbagai bahasa pemograman serta pembelajaran di bidang lainnya, pembelajaran di udemy menggunakan video berserta tutorial, kalian bisa mendapatkan tutorial dari tutor dari seluruh dunia dan merupakan profesional di bidangnya, beberapa kelas di Udemy berbayar namun ada juga kelas pembelajaran yang Free atau gratis.

Baca juga  Tips Agar Fokus Kuliah Online - Agar Bisa Fokus

Di Udemy kalian bisa mendapatkan Sertifikat penyelesaian jika sudah menyelesaikan semua materi yang ada di kelas pembelajaran, sertifikat tersebut bisa digunakan sebagai penunjang profesi yang kalian tekuni di bidang programming.

3. Freecodecamp

Freecodecamp tidak seperti platform-platform pembelajaran pada umumnya, disini kalian akan bergabung dengan komunitas yang memiliki minat dibidang yang sama, lalu sama sama belajar bersama untuk saling meningkatkan kemampuan dan mengerjakan project bersama-sama.

Freecodecamp ini bisa dikatakan sebagai lahan untuk sharing dan berbagi pengetahuan dengan sesama teman komunitas. Untuk serfitikat tidak perlu khawatir karena Freecodecamp juga memberikan sertfikat jika membangun suatu project.

4. CodeAcademy

CodeAcademy merupakan situs penyedia pembelajaran bahasa pemrograman, terdapat 3 jenis yang bisa dipelajari di CodeAcademy yaitu Web Development (HTML/CSS, Javascript), Programming and Computer Science(Python, CMD Line) serta Data Science (Python, SQL).

Di CodeAcademy tidak hanya materi pembelajaran yang akan diberikan, tetapi juga praktek dan penilaian dari praktek yang sudah kalian jalani.

Sekian semoga bermafaat bagi pembaca, salam mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: